Jumat, 01 Juni 2012

KEBUDAYAAN SERING KALI MENJADI MASALAH DALAM KEHIDUPAN

(manusia dan kebudayaan)



Setiap bangsa mempunyai macam kebudayaan yang berbeda. Hal ini karena pola kehidupan mereka yang berbeda,  karena kebudayaan adalah hasil kreasi manusia untuk menjadikan kehidupan lebih baik. Masalah kebudayaan memang seringkali menjadi bahan perbincangan hangat, bahkan tidak jarang masalah kebudayaan ini memanas hanya karena perbedaan apresiasi dan persepsi atas kebudayaan yang ada.
Kita ambil contoh dari kasus dilarang tampilnya konser lady gaga  di Indonesia, terjadi pro dan kontra terhadap konser ini, di sisi lain masyarakat Indonesia tidak suka dengan budaya lady gaga yang selalu memakai pakaian yang mengumbar aurat tiap kali konsernya diadakan, karena kebudayaan Indonesia yang cenderung serba menutup aurat. Dan disisi lain mendukung konser lady gaga karena hanya sebuah hiburan.
Oleh karena itulah, masalah kebudayaan dijadikan sebagai salah satu tonggak keberhasilan hidup masyarakat sebuah lingkungan. Masyarakat yang tingakat kebudayaanya tinggi, pasti kehidupan masyarakatnya tertata bagus. Dalam kehidupan ini, setiap proses interaksi antar personal dilakukan dengan tingkat friksi yang tinggi. Tingkat friksi ini kadangkala menyebabkan benturan yang jika tidak disadari budaya tinggi, maka dapat menyebabkan kekacauan dan kerusakan.
Memang kondisi kehidupan masyarakat sangatlah beragam. Hal ini sangat tergantung pada tingakat kemampuan personal masyarakat dalam memahami setiap kejadian yang ada dalam kehidupanya. Dengankondisi tersebut, maka masalah kebudayaan yang berbeda seharusnya bukan dianggap sebagai sebuah perbedaan, melainkan sebagai keberagaman pola kehidupan.

















Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar